Another Templates


Free shoutbox @ ShoutMix

Monday 1 September 2014

Susahnya Bertahan Diluar Zona Nyaman

Zona nyaman.
Istilah ini mungkin baru gw pahami dua tahun terakhir, waktu akhirnya gw keluar dari kerjaan gw yang lama dan melempar diri untuk sekolah ke negeri antah berantah di utara bumi. Sebelumnya, kalau ada orang bilang zona nyaman, gw cuma bisa mengartikan sebagai tempat dimana semuanya sudah membuat kita nyaman, tanpa gw bisa memahami apa makna dibalik itu semua.

Dan dua tahun terakhir ini, gw keluar dari zona nyaman itu tiap tahunnya.

Pertama kali keluar dari zona nyaman itu awal tahun lalu, pada saat mulai melanjutkan studi master. Di tiga bulan pertama gw kota asing itu, London, perasaan gw bolak-balik antara homesick dan betah di London atau antara excited sama selalu waswas sama apa yang akan terjadi besok, lusa, minggu depan atau bulan depan. Pertama kali merasa deg-degan (dan gw inget super deg-degan waktu itu) adalah pada masuk kelas pertama. Rasanya ketakutan ngeliat orang-orang lain pada jago-jago banget jawab pertanyaan lecturer, pada ngerti sama materi pelajaran, ngerti kemana arah mata pelajaran itu. Makin panik lagi pas final assignment udah langsung dikasih di kelas pertama dan semua orang pada tampak percaya diri banget.

Gw inget, gw nge-bbm nyokap pas kelas pertama,
"Ma, ini lagi pertama kali kuliah. Anak-anaknya ngeri-ngeri ma, pada aktif jawab pertanyaan dosen dan pada ngerti. Ebi gak ngerti sendiri." Sebenarnya gw pengen lanjutin dengan kata "Ebi gak mau jadi kuliah aja..", tapi terus gw gak tega rasanya mau ngomong begitu. Udah ini lokasi sekolahnya jauh banget, gak segampang itu pulang dan udah banyak uang yang dialokasiin nyokap buat gw sekolah. Dan gw ingetin diri gw sendiri "Lah bi, bukannya ini yang lo minta dari dulu?"

Akhirnya tiga bulan pertama, I sat tight. Gw mulai bikin agenda rutinitas (padahal sebelumnya hidup berantakan banget). Pulang kampus, boleh jalan-jalan sebentar kalau ada waktu, lalu masak dinner, makan, wajib nonton berita di tv supaya tau current issues, kerjain assignment begitu udah mulai dikasih bahannya, tiap malam sebelum tidur baca bahan penunjang assignment. Pokoknya it was all about assignments, assignments and assignments. Padahal temen-temen senior disana udah bilang, "Tenang aja. You can do it, gak sesusah itu kok. Loe udah lulus dengan aman kan S1? Disini gak bakal susah kok." - Tapi tetep aja gw.. panik, ketakutan, insecure, takut gak bisa, takut salah langkah, takut something goes wrong.

Belum lagi ditambah karena jauh dari keluarga, gw ngerasa harus jaga diri semaksimum mungkin. Gak boleh sakit, gak boleh ada yang salah dan gak boleh sedikit-sedikit ngadu ke keluarga karena itu cuma bakal nambah pikiran nyokap di rumah (dan toh pada akhirnya gw sendiri yang harus menyelesaikan). Terus lagi di kota yang baru itu gw gak kenal siapa-siapa. Semuanya strangers walau kita sesama mahasiswa Indonesia. Mereka punya masalahnya sendiri. Kombinasi tiga hal ini akhirnya yang bikin gw selalu gak tenang, takut gak bisa, takut gak mampu, takut menghadapi apa yang ada di depan di hidup gw yang baru ini.

Disinilah baru gw sadar.. Oooooo... yang kemarin gw kerja itulah yang disebut zona nyaman. Zona dimana semuanya gw udah familiar, gw tau apa yang harus gw lakukan, bagaimana cara melakukannya dan ekspektasi yang diharapkan dari gw. I knew how to operate in a surrounding that I knew really well.

Dan iya ya... keluar zona nyaman itu emang bikin panik, bikin takut.

Sekembalinya gw dari sekolah, gw balik lagi kerja di kantor lama. Cukup banyak keputusan yang waktu itu gw ambil untuk kerja di kantor lama adalah karena gw tau lingkungannya, atau... itulah zona nyaman gw. Gw ingin kembali ke zona nyaman itu. Waktu itu gw sempet bilang ke diri gw sendiri, "Ahh payah lo bi, gak berani nyoba tantangan baru." - Zona nyaman itupun gw pilih karena dari semua yang ingin gw lakukan dalam hidup, salah satunya sudah gw rasakan di zona nyaman itu.

Empat bulan di zona nyaman, akhirnya gw keluar (dan pada saat gw memutuskan untuk keluar, gw lupa bahwa tempat itu adalah zona nyaman gw dan lupa nanya ke diri gw sendiri, "Lo siap untuk perubahan bi?") Keputusan yang gegabahkah untuk keluar??? Well... gw gak bisa bilang iya, ga bilang enggak juga. Gw memutuskan untuk pindah ke kantor lain.

Lalu, seminggu terakhir gw masuk di zona baru. Dan sampai sekarang, masih mencoba bertahan. Berat rasanya. Lagi-lagi rasa ketakutan seperti awal tahun lalu datang lagi. Apalagi ini bukan cuma buat sekolah, ini untuk sebuah pekerjaan, dimana ada atasan yang menuntut kita untuk mengerjakan semuanya dengan baik dan tepat waktu. Kerjaan kita berantakan, perusahaan bisa ikut jadi jelek. Saking beratnya, bahkan di hari pertama gw kerja di kantor baru, begitu pulang gw langsung main ke kantor lama. Ketemu orang-orang yang gw familiar, yang gw tahu mereka menerima gw apa adanya.

Seminggu ini, gw masih berantem terus sama rasa takut apa yang gw hadapi besok, panik, nervous, takut gak bisa ngerjain kerjaan, takut gak diterima teman-teman di kantor, takut salah. Sampai-sampai si bos bilang, "Don't be nervous..." Bahkan untuk menghadapi minggu yang baru aja, gw rasanya masih sakit perut pas weekend.

Lalu.. sambil nulis blog ini gw mikir, apa yang dulu bisa bikin gw survived di zona tidak nyaman? Dan jawabannya langsung muncul dengan gampang, teman-teman. Dulu hidup di kota asing itu pelan-pelan jadi mudah dengan temen-temen gw di sekitar gw. Kita sama-sama cerita kesulitan masing-masing, sama-sama nyari obat supaya gak stres hidup di tempat baru, pokoknya bikin suasana happy terus. Bikin mental gak down.

Akan ada masanya kita akan menghadapi sesuatu yang berat, tapi selama itu belum muncul di depan mata kita, jangan bebani hidup setiap hari dengan mikirin yang belum tentu kejadian. Pada akhirnya waktu itu gw kayaknya pasrah dan nerima semuanya apa adanya. Karena pada akhirnya gw lihat, bukan gw sendiri yang panik sama assignments dari kampus, bukan gw doang yang bingung sama materi kuliah, tapi temen-temen di kelas yang lain perlahan-lahan juga membuka diri dan mereka pun ternyata bernasib yang sama dengan gw.

So... bagaimana caranya supaya gw bisa bertahan diluar zona nyaman yang baru ini? keywordsnya.... bersosialisasi lagi dengan temen-temen, baik yang lama maupun yang baru. Semoga bisa!

1 comments:

Waskito said...

nice story
very inspiring

 

Copyright © 2010 Fiction of Truth | Blogger Templates by Splashy Templates | Free PSD Design by Amuki